slider

Recent

Diberdayakan oleh Blogger.

Logo TVRI dari Masa ke Masa

  Logo TVRI sejak 2019. Lebih milenial tapi mirip DW Jerman Deutsche Welle atau DW adalah TV dan Radio plat merah Jerman. Selain untuk warga...

Cari Blog Ini

Navigation

Meike 35 mm, Aksesori Fotografi Best Value

lensa meike


Setiap mau jalan-jalan, saya sering bingung memutuskan membawa lensa apa yang cocok sebagai teman hunting. Di tas saya memang sudah ada kamera Olympus EPL 6,  yang dibekali lensa kit 14-42 milimeter. Saat kondisi terang benderang, atau di alam terbuka siang hari foto yang dihasilkan si EPL 6 saya akui sangat bagus.  Namun begitu bermain di kondisi low light, bukaan lensa yang hanya f/3.5-5.6 saya rasa kurang memuaskan. Foto-foto yang dihasilkan kurang tajam dan  berpasir karena ISO harus dipacu lebih tinggi.

Belum lagi, jika saya ingin eksplorasi bermain bokeh. Wah, si lensa kit langsung kurang greget.

Setelah timbang sana, timbang sini akhirnya saya memutuskan membeli lensa tambahan. Saat itu saya kepincut lensa fix/prime 35 milimeter. Sebuah lensa yang nanggung, tapi cukup fleksibel untuk diajak hunting.

Setelah ukuran lensa ditentukan, saya juga harus menyesuaikan dengan budget yang sangat mepet. Pokoknya, saya harus dapat lensa bagus tapi dengan harga bersahabat. Masalah anggaran membuat saya mencoret merek-merek papan tengah dan papan atas. Hiks! Bye-bye lensa-lensa bagus tapi mihil.

Nah, di kelas low end, ada beberapa merek yang beredar. Seperti Yongnuo, 7artisans dan Meike. Perpaduan harga dan kualitas, membuat saya menjatuhkan pilihan pada Meike.

Pada Maret 2018, saya sangat beruntung bisa mendapat lensa 35 milimeter buatan Hongkong ini dengan harga paling murah. Lensa tersebut saya pilih setelah survei di beberapa forum diskusi fotografi dan membandingkan harga di beberapa marketplace. Mulai dari marketplace yang warna biru, warna oranye hingga Bukalapak.

Untuk di kelasnya, Meike 35 mm dengan F/1,7 punya harga sangat ekonomis.

Bukalapak memang paling paham hobi kita, dan waktu itu ada beberapa merchant penjual Meike 35 milimeter ini. Tapi harga paling miring saya dapatkan dari toko online asal Bandung. Lensa APS-C yang bisa digunakan untuk  body M 4/3 Olympus dan Panasonic ini saya tebus dengan harga 1.099.000 rupiah, bergaransi,  gratis ongkos kirim, plus dapat bonus lensa UV protector. Swear!! Ini harga termurah bin terbaik dari semua marketplace sekaligus paling menguntungkan konsumen pemburu best value seperti saya.

Tentang Meike 35 Milimeter
Meike 35 milimeter berbukaan F/1,7  adalah lensa manual buatan Hongkong Meike Digital Technology. Saat merilis lensa fix ini, Meike juga mengeluarkan dua lensa fix saudaranya yakni  lensa 50 milimeter  dengan bukaan F 2  dan lensa  28 militer/ F 2,8.



Lensa ini sampai di tangan saya dua hari setelah proses transaksi diverifikasi BukaLapak. Kesan pertama saat memegang,  lensa berkelir hitam ini cukup kokoh. Balutan metal dan bobot 179 miligram membuat Meike 35 milimeter nyaman digenggam.


Lensa Meike 35 milimeter, dibekali dua ring yakni ring focus dan ring bukaan yang sama-sama tanpa sensasi klik penanda perpindahan angka, seperti umumnya lensa manual. Sesuatu yang menurut saya tidak terlalu jadi masalah.

Meike yang Menawan
Begitu Meike 35 milimeter sudah digenggaman, saya pun langsung mengawinkannya dengan Olympus EPL 6. Sebagai lensa manual, maka saat mencari fokus saya harus rajin memaju mundurkan kamera bahkan langkah kaki untuk mendapat titik fokus paling tajam. Karena sebelumnya pernah merasakan lensa 50 milimeter manual, maka kekurangan Meike ini bagi saya bukanlah sebuah dosa.
Fokus manual membuat kita harus ekstra sabar. Rajin-rajin maju mundur supaya dapat visual cantik.

Lalu bagaimana dengan hasilnya? Harus saya akui, foto-foto hasil bidikan dari balik lensa ini sejauh ini sangat memuaskan. Memang ada beberapa kali missed focus, tapi lebih banyak yang berhasil kok.Terutama jika yang kita potret adalah objek yang tidak bergerak atau objek dengan momentum dadakan.

Lensa ini juga punya kelemahan, sering ada penampakan blur yang tak perlu jika memotret objek dengan cahaya memantul. Mungkin karena proses coating yang tak sempurna?

Karena sifatnya itu, saya banyak gunakan Meike 35 milimeter untuk memotret makanan, memotret koleksi diecast, juga memotret human interest. Bukaan F/1,7 so pasti jadi keunggulan Meike lho.membuat saya terbantu saat memotret low light, dan ciamik main-main bokeh!
Fokus manual tak mengurangi ketajaman Meike.

Saya suka bokehnya yang lembut.


Untuk lebih jelasnya, silakan lihat foto-foto hasil jepretan saya bersama si Meike dalam tulisan ini ya. Semua foto hanya saya edit brightness dan contras saja.
Bokeh karya Meike 35 mm enak dipandang.



Lensa ini bagus untuk memotret profil seperti ini. Tapi hati-hati dengan fokusnya yang manual ya.


Akhir kata, setelah delapan bulan bersama, menurut saya Meike bukanlah lensa yang jelek. Keunggulan dari sisi harga, bukaan besar dan bokeh yang keren membuat Meike 35 milimeter layak jadi lensa pelengkap kamera kesayangan kita. Meike 35 mm adalah aksesori fotografi best value(*)

Share
Banner

EKMALMNA

Post A Comment:

0 comments: