slider

Recent

Diberdayakan oleh Blogger.

Logo TVRI dari Masa ke Masa

  Logo TVRI sejak 2019. Lebih milenial tapi mirip DW Jerman Deutsche Welle atau DW adalah TV dan Radio plat merah Jerman. Selain untuk warga...

Cari Blog Ini

Navigation

Review Samsung Galaxy Core Duos: Dual On Pas di Saku






VENDOR asal Korea Selatan Samsung terus menggerojoki pasar dengan ponsel-ponsel anyar. Belum lama ini mereka merilis smartphone Galaxy Core Duos I8262. Sesuai namanya, ponsel yang bekerja di jalur GSM ini menggunakan dua slot SIM dua on. Sehingga memudahkan konsumen yang memiliki dua nomer.

Core Duos I8262 menyasar kelas menengah, saat ini  di beberapa counter di Kota Medan membanderolnya dengan harga Rp 2.300.000. Ketika Delimail.co mencoba ponsel ini, kami menemukan sejumlah kelebihan dan kekurangan.
Core Duos yang kami test  menggunakan warna putih, backcover meski berbahan plastic tetap nampak kokoh. Dengan ukuran layar 4,3 inchi, ponsel ini masih enak dioperasikan. Kalau pun ada ketidaknyaman itu disebabkan permukaan backcover yang glossy sehingga mudah kotor dan cepat berminyak. Agar tak mudah jatuh dari genggaman sebaiknya segera dibelikan flip cover bertektur kesat.
Layar menggunakan teknologi TFT capasitive dengan resolusi 480 x 800 piksel. Meski bukan teknologi unggulan namun layar tetap nampak kinclong menampilkan warna. Bahkan saat memutar video clip yang kami unduh dari internet, layar TFT milik Samsung Duos ini tetap sedap dipandang.
Urusan dapur pacu, tubuh ponsel ini sudah ditanam processor Cortex A5 dual core berkecepatan 1,2 GHz.  Dengan dukungan RAM 1 GB dan GPU Adreno 203, Samsung Duos bersistem Android Jelly Bean lancar jaya untuk memainkan game Fast Furious Seri 6 tanpa lag.
Ponsel ini memiliki berat 124 gram dan ketebalan 9 mm, membuatnya cukup nyaman disimpan di kantung baju. Sayangnya, penggila download bakal kurang puas dengan memory 5 GB yang disematkan Samsung. Meski ada dukungan slot eskternal memory berkapasitas maksimal 32 GB.
Buat penggemar fotografi, fasilitas kamera di Samsung Duos sangatlah bagus. Dibekali lensa autofocus, LED flash,  face detection dan resulosi 5 Mpx serta Geo tagging membuat kita bisa berkreasi melukis dengan cahaya.Kami memotret beberapa objek hasilnya sangat baik, warna-warna ditampilkan proporsional dan miskin noise. Sementara di objek kurang cahaya, dengan bantuan LED flash juga masih oke.
Dual SIM Card di ponsel ini semua berada di jalur GSM. Baik di jalur 1 maupun 2 bisa digunakan untuk koneksi internet yang mendukung  3G HSDPA berkecepatan 7.2Mbps serta  HSUPA 5.76 Mbps (tergantung kekuatan sinyal di lokasi tentunya).
Catu daya ponsel ini disuplai oleh batere lithium ion berkapasitas 1.800 mAh. Kapasitas ini kami rasakan kurang mendukung untuk ponsel dual on multitasking ini. Ketika kami coba hidupkan dua jalur GSM dan koneksi internet, main game, memutar  mp3 serta ber-BBM juga menelepon, batere ponsel dalam tempo 7 jam sudah minta diisi ulang. Saat fitur dual on dihidupkan, body Samsung Duos juga langsung terasa hangat.
Untuk membunuh jenuh, Samsung membekali ponsel ini dengan fasilitas radio FM  dan mp3 player dengan suara yang jernih dan sangat asyik meski tanpa earphone. Loudspeaker di bagian belakang sedikit merepotkan, karena jika lupa membalik ponsel suara lagu yang sedang kita dengar jadi terdengar mendem.
Begitulah meski ada plus minus, namun secara keseluruhan Samsung Duos  ini patut dijadikan teman berkomunikasi. Harga yang ditawarkan plus layanan purna jual dan nama besar Samsung sebanding dengan apa yang kita dapatkan.(*)

KELEBIHAN- Ponsel dual on, dengan koneksi internet/data 3G  dua jalur
- Layar, Prosesor, RAM dan GPU mendukung untuk multitasking dan bermain game HD
- Kamera 5 Mpx dengan flash, geotagging dan  face detection
- Radio dan mp3 player bersuara jernih

KEKURANGAN
- Batere Lithium Ion 1800 mAh kurang  nendang dan cepat habis
- Backcover glossy terasa licin dan cepat kotor
- Posisi loudspeaker  di body belakang membuat suara  mendem jika posisi ponsel tidak dibalik.

REVIEWER: Ekmal Muhammad , @ekmalmedan, ekmalmedan@gmail.com
Review ini pernah terbit di www.delimail.co, edisi 25 April 2014
Share
Banner

EKMALMNA

Post A Comment:

0 comments: