slider

Recent

Diberdayakan oleh Blogger.

Logo TVRI dari Masa ke Masa

  Logo TVRI sejak 2019. Lebih milenial tapi mirip DW Jerman Deutsche Welle atau DW adalah TV dan Radio plat merah Jerman. Selain untuk warga...

Cari Blog Ini

Navigation

Review OPPO Find 7, Serba Canggih Meski Masih Jelly Bean




OPPO Electronics Corp  pabrikan asal Tiongkok kian gencar melakukan penetrasi pasar seluler. Mulai pertengahan 2014 ini,  mereka menggerojoki masyarakat dengan smartphone kelas atas bernama Oppo Find 7. Ponsel ini juga memiliki kembaran Oppo Find 7a yang merupakan versi downgrade Oppo Find 7.

Secara fisik, tampilan Find 7 memang sangat menggoda.Vendor berbasis di Guangdong, China ini memang sangat serius mempersiapkan smartphone ini sebagai flag carrier mereka.

Dengan baluran warna putih dan hitam, Find 7 terlihat mewah dan berkelas. Kesan ini makin kuat saat menatap layar yang benar-benar tajam serta detil. Layar berkualitas QuadHD berupa panel IPS 5,5 inchi beresolusi 2560 x 1440 jadi satu keunggulan Find 7.

Dukungan teknologi layar quadHD berbalut Corning Gorilla Glass 3 itulah yang membuat pengguna bakal tak bosan menatap Find 7. Semua tampilan di layar jadi sangat sedap dipandang, objek tak cuma tajam tapi juga sangat detil gradasi warna-warninya.

Perihal tampilan antarmuka (User Interface), Find 7 menggunakan OS ColorOS 2.0. UI yang sudah digunakan di seri Oppo lain seperti N1 dan R1. Sebuah UI yang memang simpel dan enak dioperasikan.

Beralih ke dapur pacu, Find 7 juga tak mau main-main. Untuk smartphone yang dibanderol Rp 7 jutaan ini, Oppo membenamkan otak lansiran Snapdragon 801 quad core 2.5 GHz, dengan didukung RAM 3GB, plus GPU Adreno 330. Sebuah perpaduan mesin yang bakal membuat Find 7 bisa diajak ngegame dan melakukan kerja-kerja komputasi mobile.

Find 7 dilengkapi memory internal berkapasitas 32 Gb. Sangat lega untuk yang doyan mendonlot beragam aplikasi dari Googleplay, atau menyimpan file-file multimedia. Bila dirasa kurang, Find 7 mensupport microSD hingga 126 Gb!

Sebagai smartphone kelas atas, Find 7 membekali diri dengan kamera cmos berkualitas produk Sony. Kamera depan memiliki resolusi 5 Mp sementara kamera belakang resolusinya 13 Mp. Dari beberapa website, kami menyaksikan foto yang dihasilkan Find 7 yang memiliki bukaan hingga f/2.0 memang sangat menggoda. Membuat penggila selfie dan fotografi ponsel  bakal kepincut.

Untuk mendukung semua kecanggihan di atas, sebuah baterai Li-Po 3.000 mAh dipasang sebagai mensuplai daya. Jika kehabisan daya, user tak perlu panik sebab Oppo membekali Find 7 dengan charger berteknologi Rapid Charge yang bisa mengisi baterai dalam tempo 4 kali lebih cepat dibanding charger konvensional.

Di tengah semua kecanggihan di atas, kalau pun ada kekurangan adalah Find 7 masih menggunakan OS Android 4.3 Jelly Bean.Sebuah titik lemah, bagi user yang tentu ingin naik kelas menggunakan OS Kitkat yang lebih canggih, lebih ringan dan cepat.

Selain soal Jelly Bean, material plastik yang digunakan membalut Find 7 juga membuatnya sedikit tidak nyaman digenggam apalagi saat tangan berkeringat.Tapi apapun itu, Find 7 merupakan alternatif bagi penggila smartphone canggih yang tidak alergi brand.(#)


PENILAIAN KAMI

TOP
- Tampilan layar QuadHD IPS 5.5 inch beresolusi 2560 x 1440 jadi nilai plus yang memanjakan mata user
- Kinerja mesin ponsel ini sangat aduhai berkat dukungan Chipset Snapdragon 801 quadcore 2.5 Ghz,RAM 3GB dan GPU Andreno 330
- Fitur Rapid Charge membuat ponsel ini 4 kali lebih cepat dalam proses isi ulang baterai
- Kamera CMOS 13 MP (belakang) dan 5 MP (depan) lansiran Sony plus fitur auto focus serta LED flash memanjakan penggila selfie dan ponsel fotografi


FLOP
- Body Oppo Find 7 yang terbuat dari plastik masih kurang nyaman saat tangan berkeringat
- Saat smartphone kelas atas lain berlomba menawarkan OS Android Kitkat yang lebih fast, pilihan Oppo pada Andoid Jelly bean jelas jadi sebuah nilai minus

Kompetitor: Samsung S5, LG G3, HTC One M8

Review oleh: Ekmal Muhammad (ekmalmedan@gmail.com)
( Review ini pernah terbit di www.delimail.co, edisi 15 Agustus 2014)
Share
Banner

EKMALMNA

Post A Comment:

0 comments: