slider

Recent

Diberdayakan oleh Blogger.

Logo TVRI dari Masa ke Masa

  Logo TVRI sejak 2019. Lebih milenial tapi mirip DW Jerman Deutsche Welle atau DW adalah TV dan Radio plat merah Jerman. Selain untuk warga...

Cari Blog Ini

Navigation

Bereksperimen dengan Lensa Bongkaran







Lensa bongkaran atau Lensbong adalah cara kreatif untuk menghasilkan foto makro dengan budget terbatas. Mahalnya lensa makro, membuat orang Indonesia berpikir keras memanfaatkan limbah lensa-lensa kamera digital yang rusak atau keluaran lama.

Lensbong biasanya dipadukan pemakaiannya dengan smartphone. Upayakan kamera smartphone punya resolusi yang terbaik. Jangan lupa gunakan tripod dan lampu tambahan supaya hasil maksimal.Oia, lensa ini seratus persen manual. Fokus hanya dengan mencet layar smartphone plus posisi smartphone harus rajin maju mundur dari objek, untuk dapat visual paling tajam.

Foto-foto di atas merupakan hasil eksperimen saya menggunakan beberapa lensbong.
Kesimpulan saya: lensa ini gampang-gampang susah digunakan. Sangat sering out of focus, dan faktor angin serta cahaya yang tidak stabil membuat hasil pemotretan juga sulit ditebak.

Menurut beberapa teman pengguna lensbong, harus banyak berlatih supaya bisa dapat feel menggunakan lensa manual yang biasanya diikat pakai tali kolor agar kuat nempel di lensa smartphone ini.

Share
Banner

EKMALMNA

Post A Comment:

0 comments: