slider

Recent

Diberdayakan oleh Blogger.

Logo TVRI dari Masa ke Masa

  Logo TVRI sejak 2019. Lebih milenial tapi mirip DW Jerman Deutsche Welle atau DW adalah TV dan Radio plat merah Jerman. Selain untuk warga...

Cari Blog Ini

Navigation

Cara Koreksi Arah Kiblat Lewat Internet



DI zaman teknologi canggih ini, menentukan kiblat ternyata cukup mudah. Coba saja bantuan mencari arah kiblat lewat internet. Saat memasukkan kata mencari arah kiblat di mesin pencari Google, diperolehlah sebuah website pemandu yang sangat bermanfaat.

Nama websitenya Al Habib, beralamat di http://www.al-habib.info/arah-kiblat/. Tak perlu khawatir, website ini punya layanan berbahasa Indonesia, jadi kita tidak perlu bersusah payah menerjemahkan atau mencari-cari kamus.

Cara Al Habib sangat sederhana, yakni dengan cara memaksimalkan fasilitas google earth. Setelah masuk halaman langsung saja klik "Penunjuk Arah Kiblat".

Ini merupakan sebuah layanan, mirip Qibla Locator, yang memanfaatkan Peta Google untuk mengetahui secara mudah arah kiblat dari semua titik atau tempat di muka bumi. Masukkan saja nama kota atau tempat yang dicari dalam kotak pencarian, dan otomatis Google Map akan membentangkan peta kota tujuan. Nah, tinggal kita cari jalan atau gedung yang akan kita cari arah kiblatnya.

Setelah memperoleh peta Medan, Tribun langsung mencari Masjid Agung di Jl Diponegoro. Begitu dapat masjidnya, langsung saja klik kiri. Otomatis Al Habib akan menarik garis merah dari Kabah hingga ke Masjid Agung. Lengkap dengan derajat yang diperlukan. Sebuah kompas digital juga membantu berapa derajat kita harus menggeser ke arah kiblat.

Untuk Masjid Agung Medan diperoleh posisi 292,77 derajat. Atau Ambil dulu posisi Barat dan geser ke kanan sebesar 22,77 derajat. Itulah arah kiblatnya!

Hitungan arah ini juga sama untuk Masjid Raya Medan. Namun untuk sebuah masjid di Mariendal derajatnya akan berubah yakni jadi 292,81 derajat.Atau ambil arah Barat lalu geser ke kanan sebesar 22,81 derajat.

Tentu saja, setelah mengetahui derajat arah kiblat kita harus mengukurnya pakai kompas.Selamat mencoba.(*)
Share
Banner

EKMALMNA

Post A Comment:

0 comments: