slider

Recent

Diberdayakan oleh Blogger.

Logo TVRI dari Masa ke Masa

  Logo TVRI sejak 2019. Lebih milenial tapi mirip DW Jerman Deutsche Welle atau DW adalah TV dan Radio plat merah Jerman. Selain untuk warga...

Cari Blog Ini

Navigation

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda


HONDA lagi-lagi melahirkan terobosan. Sebuah inovasi yang digadang-gadang dapat menghemat konsumsi bahan bakar sekaligus membuat motor lebih ramah lingkungan. Teknologi ini diberi nama PGM-FI atau Programmed Fuel Injection.

PGM FI adalah sebuah sistem suplai bahan bakar menggunakan kontrol elektronik, yang secara cerdas mengendalilkan pasokan bahan bakar dan oksigen sesuai kebutuhuhan mesin di setiap kondisi berkendara.

Uniknya di sistem mesin tanpa karburator ini, sistem injeksi mengandalkan peran berbagai komponen sensor untuk mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin ECM (Engine Control Module).

ECM inilah yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan. Wah, bahasanya terlalu ilmiah banget ya? Wkwkwk. Mumet!

Oleh Honda teknologi ramah lingkungan sudah diadopsi ke Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda PCX, Honda Revo AT, dan Honda Supra X125 PGMFI.

Dan puncaknya pada Desember 2012 silam, sistem fuel injection PGM FI juga meluas ke Honda Spacy Helm In PGM-FI dan Honda Supra X 125 Helm In PGM-FI. Makin konmplitlah Honda menggerojoki pasar dengan inovasi teknologi mereka.

Inovasi sebenarnya bukan hal baru bagi pabrikan Jepang berlogo sayap terkepak ini. Karena pada era 1980-an, Honda juga mempelopori revolusi pengapian dari sistem platina ke CDI. Hehehe, pasti banyak yang gak ingat ya. Wajar karena itu, di era bokap nyokap kita.

Kala itu, Honda pun harus melakukan edukasi sedemikian rupa ke masyarakat. Sebab memang bukan perkara mudah untuk mengubah kebiasaan dan teknologi lama yang kadung mengakar di masyarakat.

Di Indonesia teknologi PGM FI digaungkan Honda lewat slogan "Cinta Honda PGM FI, Cinta Indonesia". Deklarasinya telah dilakukan sejak 23 November 2011 oleh PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk Honda di Indonesia.

Sejak saat itu pula, Honda sibuk mengedukasi warga, lewat iklan-iklan di surat kabar, online, dan media elektronik. Sejumlah produk seperti yang disebutkan di atas dilepas ke pasar, mendampingi versi karburator tentunya.

Honda menargetkan akhir tahun 2013, semua produk sepeda motor Honda akan beralih sepenuhnya ke teknologi fuel injection PGM FI ini.

Saat bincang-bincang di bengkel beberapa waktu lalu, ada beberapa hal yang mengemuka dari tawaran inovasi anyar Honda ini. Antara lain;
1. Teknologi Fuel Injection memang bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Dan ujung- ujungnya menghemat pengeluaran kita.

2. Proses mesin menjadi lebih efektif dan efisien, dan gas buang pun lebih sedikit. Gak banyak asap coy! Wkwkwkw. Konon sampe 33 persen emisi gas buangnya ditekan sistem ini. Lumayan juga bro.

3. Meski ada inovasi baru, bukan berarti konsumen Honda produk non PGM FI akan ditelantarkan. Gak usah khawatir deh, buktinya Honda gak meninggalkan konsumen Honda produk 70-an kan? (Saat peralihan dari platina ke CDI). Masih banyak yang melaju tuh di jalanan.

4. Saat ini harus diakui harga sepeda motor berteknologi Fuel Injection ini relatif lebih mahal di banding sistem karburator. Tapi jangan cemas, seiring waktu pasti harganya juga akan menyesuaikan. Ya kan Honda?

5. Banyak warga yang ragu, apakah semua bengkel (terutama yang di pinggir jalan dan bukan bengkel resmi) bisa membetulkan problem mesin yang nanti dialami sepeda motor yang berteknologi ini. Maka Honda harus cepat-cepat nih mendidik dan transfer ilmu ke semua bengkel! Biar warga tetep nyaman pakai teknologi ini. :)

Begitulah sekilas tentang teknologi anyar Fuel Injection PGM FI Honda. Banyak pihak yakin, teknologi ini akan kembali diiikuti kompetitor Honda. Tapi saat semua sedang berbenah mengekor, Honda tentu sudah duluan ngacir dan membuktikan Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda! (ekmalmuhammad)
Share
Banner

EKMALMNA

Post A Comment:

0 comments: