slider

Recent

Diberdayakan oleh Blogger.

Logo TVRI dari Masa ke Masa

  Logo TVRI sejak 2019. Lebih milenial tapi mirip DW Jerman Deutsche Welle atau DW adalah TV dan Radio plat merah Jerman. Selain untuk warga...

Cari Blog Ini

Navigation

Pemko Tawarkan Trans Medan



* Angkutan Massal Bebas Macet, Aman, Nyaman dan Modern
* Study Kelayakan Tahun ini dan 2014 Sudah Beroperasi


MEDAN, TRIBUN
- Dalam 100 hari pertama pemerintahannya, Wali kota Medan Rahudman Harahap terus membuat terobosan. Setelah membuka pintu untuk taksi Blue Bird, kini Pemko Medan sedang melakukan study kelayakan angkutan massal. Trans Medan namanya.

Rencana menggulirkan bus Trans Medan itu kembali dipaparkan Kabid Lalulintas dan Angkutan Umum Dishub Medan, Edwar Pakpahan, Rabu (13/10). Trans Medan akan menjadi solusi mengatasi kemacetan Kota Medan di masa mendatang.

Meski masih dalam penkajian namun Trans Medan dijadwalkan akan mulai melayani warga Medan tahun 2014. Tak tanggung-tanggung, tujuh koridor akan dibuka sekaligus.

Tujuh koridor itu adalah: 1. Jl Pinang Baris - Guru Patimpus, 2. Jl Brigjen Katamso - Yos Sudarso, 3. Amplas - Irian Barat, 4. Jl Printis Kemerdekaan Letda Soejono - Kuala Namu, 5. Jl Jamin Ginting - Raden Saleh, 6. Jl Asrama - Kolonel Bejo,dan 7. Jl AH Nasution - Pinang Baris.

Hampir mirip dengan Busway Trans Jakarta, Trans Medan juga menawarkan layanan prima. Diantaranya kabin yang lebar, nyaman ber-AC, Aman dan tentu saja bebas kemacetan.

"Semua warga akan mengidolakan moda transportasi ini. Bahkan kalangan berdasi, yah mirip di luar negerilah," kata Edward.

Ide Trans Medan sebenarnya sudah muncul sejak Tahun 2007, saat Dirjen Hubla Departemen Perhubungan melakukan studi perencanaan angkutan umum masal berbasis jalan. Rencana Trans Medan kembali dibahas oleh Menteri Perhubungan saat program 100 hari Presiden SBY 2009.

Untuk rencana ini Dishub Medan sudah dipangil Dirjen Perhubungan Darat pada tanggal 2 November 2009. Program ini makin mungkin terlaksana karena menyangkut pembangunan Medan-Binjai-Deli Serdang yang segera di Breakdown tahun 2010 ini.

Dalam perencanaannya, Trans Medan tidak menambah kemacetan di Medan dan tidak akan membunuh rute-rute angkutan kota yang sudah ada. Untuk angkutan kota, Trans Medan tetap membutuhkan mereka sebagai angkutan pengumpan, sebab rute Trans Medan memang terbatas.

Saat ini Pemko masih melakukan study kelayakan yang akan selesai tahun ini juga, setelah itu baru membuat rencana anggaran dan biaya dan melakukan sosialisasi. Trans Medan juga sudah dituangkan di RRPJM Rahudman Harahap yang akan di sahkan DPRD Medan. (*)

Reporter: Jerry Panjaitan
Redaktur: Ekmal Muhammad

foto: http://kingandam.wordpress.com

trans medan
-
Digagas sejak 2007 dan saat program 100 hari SBY 2009
- Beroperasi 2014 dengan melayani 7 koridor
- Proyek ini terkait program Mebidang dan Bandara Kuala Namu
- Moda transportasi massal yang nyaman ber-AC, cepat, bebas macet, dan modern
Share
Banner

EKMALMNA

Post A Comment:

0 comments: